Soal dan Pembahasan Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten (OSNK) Bidang Astronomi 2024

Posting Komentar

Hey yo..

Kali ini udaniko share soal dan pembahasan Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten (OSNK) Bidang Astronomi tahun 2024. Seleksi tingkat Kabupaten ini dilaksanakan pada 27 Maret 2024.

Masih sama seperti tahun lalu, sistem yang digunakan adalah menggunakan Computer Based Test (CBT) di sekolah masing-masing. Iyap, di sekolah masing-masing. Walaupun ada kebijakan pengawas silang, tapi pelaksanaan OSNK ini tak lepas dari indikasi klasik kecurangan.

Panduan lengkap OSN 2024 ini bisa didownload disini.
atau bisa cek versi lengkap dari puspres ini ya.

Untuk bidang Astronomi, waktu pengerjaan 120 menit, ada 40 soal yang diujikan. Yaitu 30 soal Pilihan Ganda (PG) dan 10 soal Pilihan Ganda Kompleks (PGK).

Sistem penilaian sama seperti tahun lalu,
Untuk sistem penilaian PG, setiap jawaban benar bernilai positif, dan tidak ada pengurangan nilai untuk jawaban salah. Artinya, walaupun kalian gk tau jawabannya, tebak aja gpp.

Tapi untuk soal PGK, setiap item pilihan benar akan bernilai positif, tapi setiap item pilihan salah bernilai negatif. Sedangkan untuk soal PGK yang tidak dijawab. Artinya kita perlu hati-hati nih untuk menjawab PGK ini. 

Mayoritas soal berada pada level mudah menuju sedang, ada beberapa yang di tingkat sulit. Tapi menuntut pengetahuan tentang astronomi dasar yang mumpuni. Sekilas, soal tahun 2024 ini kurang lebih sama tingkat kesulitannya dengan tahun lalu.

Seperti biasa, peserta diperbolehkan menggunakan kalkulator. Jadi kita fokus ke mikirin cara jawabnya aja. Soal ngitung serahin ke kalkulator aja.. Tapi tentu harus bisa pake kalkulator nya ya.. hehe.

Langsung aja, ini dia soal dan pembahasan olimpiade astronomi tingkat kabupaten (OSNK) tahun 2023:

1. Avengers yang sedang berkumpul di markasnya di Bumi menangkap sinyal keberangkatan pesawat Thanos dari sebuah sistem keplanetan di luar angkasa. Setelah 19,2 bulan kemudian, Thanos tiba di Bumi. Saat keluar dari pesawat, Thanos berkata, "Perjalanan dua tahun yang melelahkan." Jika pesawat bergerak dengan kecepatan konstan dan Bumi dianggap diam, hitunglah berapa laju pesawat Thanos tersebut!
A. 0,36 c
B. 0,6 с
C. 0,64 c
D. 0,8 c
E. c



2. Salah satu kawah besar di Bulan adalah kawah Tycho. Jika diameter kawah adalah 85 km dan jarak Bumi ke Bulan adalah 384400 km, maka diameter sudut kawah tersebut adalah
A. 0,0002'
B. 0,75'
C. 31'
D. 45'
E.



to be continue ...

Pembahasan lengkap di youtube.com/@udaniko



Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar